LBH Jakarta Ajak Komunitas Sepeda Adakan Pendidikan Hukum

SIMPUL.BANTUANHUKUM.OR.ID__Ketidakpahaman para pesepeda tentang hak-haknya masih menjadi problem komunitas sepeda dalam beraktifitas di luar ruangan. Sering kali mereka tidak mengetahui hak apa saja yang menjadi hak para pesepeda, ini masih menjadi masalah komunitas itu sendiri. Di sisi lainya, jalur-jalur yang seharusnya menjadi hak bagi pesepeda kerap kali dipakai oleh para pengendara motor. Ini dikarenakan kurangnya pemahaman tentang hak pesepeda untuk setiap pengendara di jalan menjadi sebuah sebab.

Hal ini sejalan dengan pernyataan Hendi Rachmat yang merupakan pendiri WestBike Messager Service (WMS) saat diskusi bersama LBH Jakarta di kantornya di Jalan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan siang tadi (02/4)

“Ketika mendapatkan tawaran dari LBH Jakarta tentang pendidikan hukum khususnya hak pesepeda, saya langsung tertarik. Karena ini sangat penting” ujarnya.

Merujuk pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, secara jelas pesepeda berhak mendapatkan fasilitas pendukung. Fasilitas pendukung yang dimaksud terkait keamanan, keselamatan, ketertiban hingga kelancaran berlalu lintas. Penjelasan berdasarkan UU disebutkan fasilitas pendukung berupa lajur khusus pesepeda, penjalan kaki hingga guiding blockĀ khusus penyandang difabel.

Berangkat dari permasalahan di atas, LBH Jakarta berencana membuat pendidikan hukum bagi pesepeda khususnya komunitas sepeda di Jakarta. Kegiatan ini nantinya akan bekerjasama denganĀ WestBike Messager Service (WMS), harapannya mereka dapat memahami hak-hak mereka ketika bersepeda saat menjalankan aktifitasnya.

“Ini sejalan dengan program kerja LBH Jakarta tentang bantuan hukum keliling dan pendidikan hukum di komunitas” jelas Arul.

“Acara yang dikemas ngobrol santai ini rencananya akan mengangkat hak-hak bersepeda dan penjalan kaki. Mudah-mudahan dapat berjalan lancar” tutup Arul.

Acara tersebut akan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 8 September nanti dengan target 120 peserta dan LBH Jakarta dipercaya sebagai pembicara. [AR]