SIMPUL.BANTUANHUKUM.OR.ID__Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta adalah Lembaga non pemerintah yang memberikan pelayanan bantuan hukum secara cuma-cuma bagi masyarakat miskin, buta hukum dan termarjinalkan.LBH Jakarta didirikan atas gagasan yang disampaikan pada Kongres Persatuan Advokat Indonesia (Peradin) ke III tahun 1969. Gagasan tersebut mendapat persetujuan dari Dewan Pimpinan Pusat Peradin dan Pemerintah Daerah (Pemda) DKI Jakarta.

Dalam 5 tahun terakhir LBH Jakarta telah membantu lebih dari 5,087 kasus dengan 415,199 pencari keadilan, mulai dari memberikan konsultasi hukum, sampai dengan pendampingan hukum secara penuh. Berbagai pelanggaran hak asasi ditemukan dalam kasus-kasus yang diterima. Pelanggaran hak meliputi hak atas pekerjaan, hak atas perumahan, hak atas kemerdekaan beragama, hak atas peradilan yang adil, hak untuk bebas dari penyiksaan, hak anak, dan hak asasi lainnya. Selain itu, LBH Jakarta memberikan pendidikan atau pelatihan hukum kepada masyarakat yang saat ini dinamakan Paralegal. Paralegal merupakan masyarakat umum yang bukan sarjana hukum yang diajarkan ilmu hukum yang bertujuan Paralegal ini dapat mendampingi masyarakat sekitar maupun dirinya sendiri apabila ada masalah hukum. Saat ini lebih dari 104 Paralegal yang tersebar di wilayah Jabodetabek.

Menjadi lembaga yang mandiri dan konsisten mewujudkan mimpi-mimpinya merupakan cita-cita LBH Jakarta. Kemandirian tersebut tidak akan dapat diwujudkan jika tidak ada kemandirian dalam keuangan. Sudah menjadi hal yang lazim bahwa banyak lembaga swadaya masyarakat seringkali dikontrol oleh pemberi dana, memiliki kedudukan yang tidak seimbang, atau setidaknya mengganggu kerja-kerja utama dari LSM. Oleh karena itu LBH Jakarta memulai kerja penggalangan publiknya pada tahun 2010 dengan meluncurkan Solidaritas Masyarakat Peduli Keadilan (SIMPUL) yang menggunakan sistem keanggotaan dan iuran berkala. Harapannya seluruh pendanaan bantuan hukum, program, dan advokasi LBH Jakarta didanai oleh publik. Publik yang menjadi “pemegang saham” LBH Jakarta.

Melalui Program SIMPUL (Solidaritas Masyarakat Peduli Keadilan), masyarakat dapat turut serta mendukung keberlanjutan pemberian bantuan hukum bagi masyarakat miskin, buta hukum, dan termajinalkan yang dilakukan oleh LBH Jakarta. SIMPUL merupakan sebuah wadah yang dimaksudkan untuk menggalang dukungan publik guna penyelenggaraan layanan bantuan hukum. Dukungan yang diberikan simpul juga tidak hanya terbatas pada pemberian donasi secara finansial, SIMPUL terbuka untuk kontribusi pemikiran, keahlian atau keterampilan guna mendukung kerja-kerja LBH Jakarta

Apa itu Simpul? SIMPUL (Solideritas Masyarakat Peduli Keadilan) Simpul itu: ikatan, kekuatan, jalinan, persahabatan Dari Siapa? Dari Masyarakat umum, bukan pelanggar HAM, yang peduli pada pemberian bantuan hukum yang selama ini dikerjakan oleh LBH Jakarta. Tujuan Simpul? Memfasilitasi inisiatif dan sumber daya masyarakat untuk bersama LBH Jakarta dalam memperjuangkan keadilan melalui kerja-kerja bantuan hukum. Manfaat Simpul? Dapat berkontribusi dalam upaya mewujudkan keadilan bagi masyarakat yang tertutup akses keadilannya. Yang diperoleh dari Simpul?

  • Kartu anggota SIMPUL
  • Update Informasi kerja-kerja LBH Jakarta
  • Mendapat informasi kegiatan LBH jakarta
  • Mengikuti beberapa kegiatan LBH  yang bersifat Publik (diskusi, seminar, lokakarya, pelatihan, dll)