Praktik  Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) di Indonesia  menyisakan  banyak  problem,  diantaranya  konsep  hukum  publik   yang  menempatkan  buruh  sebagai  kelompok  lemah  yang  harus  dilindungi,  menjadi   hukum  privat  yang  mengasumsikan  kedudukan  buruh  setara  dengan  pengusaha.   Selain  itu,  atas  putusan-putusan  PHI  masih  banyak  menyisakan  persoalan  eksekusi   yang harus ditempuh buruh melalui mekanisme perdata lain di pengadilan negeri. Pun  masih  menyisakan  persoalan  lagi  dengan  kualitas  putusan  yang  di  dalamnya  ditemui   pengurangan-pengurangan  hak  yang  seharusnya  secara  riil  diperoleh  oleh  buruh.   Namun karena kondisinya yang lemah, mau tidak mau buruh menempuh mekanisme  PHI sebagai satu-satunya jalan untuk meminta hak-haknya kepada pengusaha. Karena  itulah LBH Jakarta berinisiatif mengadakan penelitian ini untuk membaca pengadilan  hubungan  industrial  di  Mahkamah  Agung  sebagai  muara  atas  seluruh  kasus  PHI  di   Indonesia.

Kami  berharap  penelitian  ini  sebagai  kajian  yang  akan  diteruskan  oleh  kajian- kajian berikutnya dengan menggunakan mekanisme indeks yang telah kami lakukan.  Data indeks ini terbuka dan bisa diakses oleh siapapun dan dimanapun melalui akses  internet. Semoga kemudahan akses ini menjadi pembelajaran bagi semua pihak dalam  menggali dan mengeksplorasi kajian hukum dari Putusan-putusan Mahkamah Agung.

Untuk mendapatkan buku ini silahkan bisa isi form ini, selain itu kamu juga akan mendapatkan update kerja-kerja bantuan hukum yang LBH Jakarta lakukan. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Silahkan bisa dibagikan kepada teman-teman kamu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

clear formPost comment